29 Maret, 2011

Dali Amiruddin Bicara Tentang Kulit


Terpaan sinar matahari tak hanya bermanfaat bagi kulit manusia, tapi juga sebaliknya. Bila terpaan matahari berlebihan dapat menyebabkan tumor kulit dan tumor ganas.Mereka yang kerap terpapar sinar matahari menurut Prof Dr dr Dali Amiruddin lebih rentan terkena tumor kulit maupun tumor ganas. Seperti nelayan, petani, marketing dan pekerjaan lain yang sering berada di luar ruangan.

"Tumor jinak ini bisa mengenai siapa saja, baik anak-anak, remaja hingga orang tua. Beda dengan tumor yang ganas, lebih banyak terkena orang dewasa atau orang tua," ujar Dali, yang juga bertugas di RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar, saat ditemui Fajar, Selasa 24 Noveber.

Lebih lanjut dijelaskan Dali, selain orang yang terpapar matahari, tumor jinak juga bisa mengancam siapa saja. Sebab, sifat penyakit ini tidak bergantung pada jenis pekerjaan. Meski demikian, tumor kulit jinak masih dapat disembuhkan. Penanganannya pun beragam tergantung jenis tumornya.

"Penanganannnya macam-macam. Bisa disuntik, diberikan obat saja, diangkat dengan operasi atau dengan cara dilaser," terang dokter asal Kabupaten Sidrap ini. Namun, kata dia, bukan berarti tumor jinak tidak bisa berubah menjadi ganas. Tumor kulit yang jinak, jika dikorek-korek terus bahkan hingga berdarah lama kelamaan bisa menjadi ganas.

Untuk itu dia menyarankan, jika terjadi perubahan atau kelainan pada kulit seperti bercak-bercak, benjolan-benjolan kecil maupun besar segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau tempat-tempat praktik dokter lainnya. "Dengan penanganan dini dan pengobatan yang tepat, tumor kulit bisa diatasi. Asalkan cepat memeriksakan diri ke dokter ahli kulit," ujarnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar